logo blog

Pentingnya Asam Folat Untuk Kesehatan

Pentingnya Asam Folat Untuk Kesehatan

Asam folat merupakan bentuk vitamin B kompleks yang larut dalam air. Zat ini dibutuhkan dalam pembangunan tubuh sebab bersifat multifungsi, mulai dari memproduksi DNA sampai membentuk sel darah merah. Keberadaan nutrisi ini telah semenjak lama diketahui penting sebagai pemelihara kesehatan bagi semua usia, mulai dari bayi di dalam kandungan sampai orang dewasa.
Apa Saja Fungsi Asam Folat
1. Proses pembentukan sel-sel tubuh sekaligus sel pembawa kode genetik berlangsung dengan baik.
2. Asam folat berkolaborasi dengan vitamin B12 serta vitamin C untuk menolong tubuh dalam memecah, menggunakan, sekaligus membentuk protein baru.  Senyawa  protein ini akan menolong pembentukan sel darah merah serta memproduksi DNA, membangun fondasi dasar tubuh yang mengangkat info genetik seseorang. Selain memproduksi DNA, asam folat juga berperan dalam membenahi DNA serta RNA. Asam folat juga berperan dalam menolong pembelahan serta pertumbuhan sel yang cepat.
Menghindari Anemia
Salah satu kegunaaan asam folat merupakan membentuk sel darah merah. Tanpa asam folat yang cukup, jadi produksi sel darah merah akan rutin di bawah normal jadi Anda mudah mengidap anemia.
Mencegah bayi terlahir cacat
Pembentukan saraf sentra telah dilakukan semenjak awal insan dibentuk dalam kandungan. Asam folat sangat berpengaruh untuk mencegah terjadinya kecacatan pada otak (anensefali) ataupun gangguan susunan saraf sentra (spina bifida). Nutrisi ini juga  berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, serta kegunaaan DNA serta fondasi sel-sel tubuh yang akan memengaruhi pertumbuhan plasenta serta perkembangan janin. Jadi, bunda hamil  memperlukan lebih tidak sedikit asupan asam folat untuk menghindari bayi terlahir dalam kondisi cacat.
Makanan Kaya Asam Folat
Penting sekali kegunaaan asam folat bagi tubuh kita, bukan? Beruntung, makanan yang mengandung asam folat terdapat dalam jumlah yang melimpah. Beberapa makanan kaya asam folat yang mudah didapatkan di kurang lebih kita antara lain:
Sayur-sayuran berwarna hijau, semacam bayam, brokoli, serta selada.
Kacang-kacangan, semacam kacang polong.
Buah-buahan, umpama melon, pisang, serta lemon.
Makanan yang diperkaya folat, semacam roti, sereal, serta jus.semoga postingan singkat ini bermanfaat

Share this:

Enter your email address to get update from Happy Nester.

1 comment

Selamat datang di Happy Nester. blog yang membahas dunia kesehatan dan kecantikan, apa pandangan Anda tenteng berita yang anda baca ini? berikan komentar Anda ya.

Copyright © 2015. Happy Nester - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger