logo blog

Diet aman untuk IBU hamil Dan menyusui

Diet aman untuk IBU hamil Dan menyusui

Banyak para wanita yang tidak tabah untuk menurunkan berat badan seusai proses persalinan. Padahal pada masa-masa itu, seorang wanita memperlukan tidak sedikit energi untuk menyusui bayinya yang baru dilahirkan.
Pada masa menyusui, pola makan sehat dan sebanding menjadi sangat penting. Makanan yang Anda konsumsi haruslah terdiri dari makanan yang kaya karbohidrat semacam nasi, beberapa sayur dan buah, dan makanan mengandung protein dan produk susu.
Beberapa tipe makanan yang dianjurkan, antara lain:
1. Buah-buahan. Minimal pada diet bunda menyusui tersedia konsumsi buah-buahan alias jus dua kali sehari. Jeruk ialah sumber vitamin C yang bisa memasok energi alias tipe buah bluberi yang mengandung tidak sedikit vitamin dan mineral.
2. Kacang dan biji-bijian. Terutama pilih yang berwarna gelap semacam kacang merah, sebagai sumber protein nabati, sekaligus kaya zat besi.
3. Beras merah. Beras tipe ini bisa menyediakan kalori yang  diperlukan tubuh, sekaligus mendukung produksi ASI yang baik dan berkualitas.
4. Produk susu rendah lemak. Misalnya, yoghurt, keju dan susu. Susu mengandung protein, kalsium, vitamin B dan vitamin D yang penting untuk pertumbuhan tulang bayi. Dengan minum susu minimal 600 cc per hari, kebutuhan kalsium Anda dan bayi Anda akan tercukupi.
5. Daging tanpa lemak. Kandungan zat besi, protein dan vitamin B12 di dalamnya bisa memenuhi energi yang  diperlukan bunda pada masa menyusui.
6. Ikan salmon. Kaya kandungan lemak DHA yang sangat penting untuk pertumbuhan sistem saraf bayi, sekaligus sumber energi yang baik untuk ibu.
7. Sebagai salah satu sumber protein yang mudah ditemukan. Anda bisa merebus, menggoreng, mencampurkan dalam salad alias membikin orak-arik telur untuk menu Anda.
8. Roti alias sereal dari gandum utuh. Kandungan asam folat ialah nutrisi yang penting untuk kebutuhan produksi ASI. Produk ini juga tinggi kandungan serat dan zat besi.
9. Sayuran hijau. Kandungan vitamin A, vitamin C, zat logam dan kalsium di dalamnya sangat baik untuk bayi dan bunda menyusui. Selain itu, sayuran hijau juga kaya dengan antioksidan dan rendah kalori yang sangat baik untuk jantung.
Kebutuhan Kalori
Secara umum, bunda menyusui memperlukan lebih tidak sedikit kalori per hari, yaitu tambahan kurang lebih 400-500 kalori dibandingkan wanita yang tidak sedang hamil. Hal-hal lainnya yang butuh diperhatikan ialah tiap wanita mempunyai kebutuhan kalori yang berbeda-beda berdasarkan terhadap hal-hal berikut:
o Berat badan
o Metabolisme tubuh
o Frekuensi bayi menyusu
o Intensitas olahraga
Semoga bermanfaat yah Dan kehamilannya juga lancaarr..amiin

Share this:

Enter your email address to get update from Happy Nester.

1 comment

Selamat datang di Happy Nester. blog yang membahas dunia kesehatan dan kecantikan, apa pandangan Anda tenteng berita yang anda baca ini? berikan komentar Anda ya.

Copyright © 2015. Happy Nester - All Rights Reserved
Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger